Supplier,Disributor Dan Jasa Pemasangan CCTV Se Jawa Timur

Rabu, 03 Desember 2014

Kebudayaan Kabupaten Ngawi

Kabupaten Ngawi adalah sebuah Wilayah Diujung Barat Jawa Timur Wilayah ini berbatasan langsung Provinsi Jawa Timur Dan Jawa Tengah. Dikabupaten Ngawi ini disebut Juga Kota Kripik Tempe Karena di Kabupaten Ini Makanan Khasnya adalah Kripik Tempe.
Selain Kripik Tempe Kabupaten Ngawi Mempunyai Ragam Wisata dan Kebudayaan.Wisata Seperti Kebun Teh jamus,Air terjun pengantin,monumen suryo dll. Pada kesempatan ini saya akan Bahas Kebudayaan yang ada di kabupaten Ngawi.

1. TARI TOPENG DARI MELIKAN


Tari Topeng Ini Ditarikan oleh anak pemuda kampung dengan menggunakan topeng dari kayu Berbentuk beda beda Tujuan bentuk berbeda beda adalah melambangkan karakter tokoh manusia yang berbeda beda.
Topeng Ini dipengaruhi Jaman kediri Dan Masa kini Dengan menggunakan pengiring Musik yang ada aliran Khas REOG Ponorogo.
Menurut Cerita Tarian Ini didirikan Pada Tahun 1952 Oleh Bpak.Munajah Di Dusun Melikan Desa Tempuran Paron Ngawi.Diciptakan Oleh Bpk.Munajah Untuk Hiburan Masyarakat setelah Membangun Sebuah sekolah.Pada Masa Itu Tarian Topeng melikan ini ditarikan Saat hari hari besar Jawa dan Hari hari besar Islam Oleh penduduk Setempat.
Tarian gerakan melambangkan Kehidupan Manusia,Menyembah Tuhan yang Maha esa Agar dalam kehidupan Menumbuhkan ketentraman dan Kedamaian Untuk masyarakat sekitar dusun melikan
Digambarkan Berbentuk Barisan seperti perajurit Dan Berjalan melenggok lengkok.

2.TARI BEDOYO SRIGATI

TARI BEDOYO SRIGATI Ini adalah Sebuah tarian Tradisional Di Alas Srigati Bertempat di Desa Babatan Kecamatan paron Ngawi Tarian sakral ini biasanya dipentaskan saat ''GANTI LANGSE'' Di Obyek Wisata Sepeiritual Alas Srigati.Tarian Ini Biasanya dilakukan sekikitnya 10 penari yang semua konon katanya Harus Gadis/Perawan. Saat ini tarian Bedoyo Srigati dipentaskan saat Jamuan Pertemuan atau Untuk Pendatang yang ke Ke Alas Srigati. Tarian Ini dilakukan Oleh Gadis Gadis sekitar alas ketonggo Dengan Tarian Indah dan Gerakan gerakan Khas yang menjadi Ciri Tari Bedoyo srigati.

3.TARI OREK OREK
TARI OREK OREK Adalah Tari Khas Kabupaten Ngawi Dan menjadi Icon Kabupaten nagwi. Tari Orek orek ini tak lepas dari kesenian Warga Ngawi Baik Orang kaya maupun Orang miskin,Tarikan Orek orek ini Dengan Gerakan yang dinamis dan kalem Terdiri dari Pemain Pria dan wanita berpasangan Menggambarkan Muda Mudi yang Melepas Kepenakan Kerja dan Pentingnya Gotong Royong. Tari Ini bisanya Dilaksanakan saat Menjamu Pejabat yang berada datang ke ngawi dan di tampilkan saat hari hari besar Kabupaten ngawi.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kebudayaan Kabupaten Ngawi

0 komentar:

Posting Komentar